Digital Brotherhood

@Persahabatan_Digital
Tempat Informasi, Motivasi, dan Bacaan tentang Dunia Marketing.
About Me
The House of Profesional Digital Marketing CampusDigital

Selasa, 12 Oktober 2021

 Supaya iklan Anda muncul di Google, pengiklan tidak bisa begitu saja membayar iklan lalu iklan tiba-tiba langsung muncul di pencarian Google dan mengalahkan pengiklan atau website-website lain.

 Anda harus tunduk pada sistem lelang atau (ad auction) untuk menentukan seberapa relevansi dan validnya akan iklan Anda terhadap kecocokan dengan pengguna cari.

 Ad Auction adalah sistem penawaran. Artinya bahwa Anda sebagai pengiklan harus menawar iklan atau melakukan strategi membayar biaya iklan dari harga kata kunci yang tertera di sistem Google dengan tawaran yang dengan range biaya kata kunci kunci tsb agar dapat menampilkan iklan Anda,

Contohnya jika Anda memiliki bisnis Aksesoris HP, maka pembeli yang ingin membeli chasing HP milik Anda baru dapat menemukannya jika mengetikan kata kunci aksesoris HP ke pencarian Google untuk menemukan penjual yang menawarkan produk chasing HP ini.

 Saat pembeli mengirimkan permintaan pencarian mereka, maka sistem Google akan melakukan perhitungan dengan algoritmanya yang menjadi dasar sistem lelang iklan yang menentukan iklan yang mana yang akan ditampilkan oleh Google dalam mode urutan keberapa dan dari sumber pengiklan yang mana.

 Untuk itu, sangat penting untuk Anda sebagai pengiklan untuk menentukan berapa besaran biaya iklan per klik yang relevan dengan bisnis Anda sehingga dapat memperoleh hasil ROI dari belanja iklan Anda.

 Untuk menentukan berapa biaya yang mampu Anda keluarkan terhadap biaya iklan per klik Anda pada suatu kata kunci yang Anda pilih, Anda dapat menggunakan bantuan tools dari Google yaitu Google Keyword Planner.

 Google Keyword Planner membantu memberikan analisa gambaran yang jelas terhadap kata kunci yang ditarget, berapa tingkat kompetisi menggunakan kata kunci yang ditarget dengan pengiklan lain, serta range biaya iklan dari batas termurah sampai termahal yang bisa Anda sesuaikan dengan kemampuan biaya iklan per klik yang bisa Anda anggarkan.

BACA JUGA : Pengertian PPC dan Kegunaannya

Bagaimana Cara Membuat Iklan PPC ?

             

Selain platform dari Google, iklan PPC juga tersedia di platform-platform lain seperti facebook, dan instagram. Perbedaannya menggunakan platform tsb adalah mereka semua memiliki masing-masing  market mereka sendiri. Jadi, hal yang terbaik yang bisa Anda lakukan adalah Anda dapat menggunakan iklan PPC ini dari Google, Facebook, dan Instagram agar bisnis Anda dapat menjangkau audiens yang dimiliki oleh masing-masing platform tsb.

 Nah sekarang, bagaimana cara membuat iklan PPC dari Google, Facebook dan Instagram? Berikut penjelasan lengkapnya :

1. Google Ads

Beriklan PPC menggunakan media Google berarti peluang iklan Anda dapat ditampilkan di hasil pencarian Google ketika seseorang mengetikan kata kunci tertentu yang relevan dengan bisnis Anda.

Nah untuk cara membuat iklan PPC dengan Google, Anda bisa ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut :

Buka Google Ads dengan mengetikkan ads.google.com

Buat akun Google dan isikan data diri Anda

Pilih Goal sebagai tujuan iklan Anda

Pilihan Goal iklan diantaranya ada call your business, visit your storefront, take an action on your website

Call your business adalah iklan akan difokuskan kepada pelanggan yang menghubungi Anda melalui telepon

Visit your storefront adalah iklan akan difokuskan kepada pelanggan yang menginginkan pelanggan untuk langsung mengunjungi toko Anda

Take an action on your website adalah iklan akan difokuskan kepada pelanggan yang mengunjungi ke website Anda

Setelah Anda menetapkan tipe Goal Anda, pilihlah jangkauan lokasi pelanggan sebagai target iklan Anda

Pilih kategori bisnis yang Anda kelola

Pada pilihan bid strategy, Anda bisa pilih “maximize clicks” untuk menggunakan iklan tipe PPC Google

Buat copywriting iklan Anda dari judul dan deskripsi iklan Anda

Tentukan Budget atau anggaran iklan Anda

Pilih metode pembayaran Anda

2. Facebook Ads

Facebook memiliki banyak pengguna yang ada di Indonesia. Berdasarkan riset yang dirilis KataData, terdapat 130 juta pengguna Indonesia yang aktif di facebook pada tahun 2017. Artinya, ini merupakan sebuah peluang besar untuk Anda manfaatkan dalam menjangkau target audiens yang luas di facebook untuk bisnis Anda.

Dengan menggunakan iklan tipe PPC, Anda dapat mengarahkan pengguna di facebook ke website Anda. Selain itu, asyiknya tipe iklan PPC di facebook ini biayanya lebih murah dibanding menggunakan iklan Google lho!.

Untuk cara beriklan PPC dengan facebook, Anda dapat menggunakan mempelajarinya sebagai berikut :

 Pertama Anda harus sudah memiliki fanspage atau halaman facebook

Klik tombol “buat iklan”

 Tentukan Goals atau tujuan iklan, di Facebook ada tiga tipe iklan yaitu :

Brand Awareness atau Kesadaran akan Merk Brand

Consideration atau pertimbangan di mana Anda dapat menentukan pengunjung Anda dengan mempertimbangkan produk Anda

Conversion atau konversi yaitu tipe iklan yang sudah jelas orang sudah siap untuk membeli produk Anda

Nah untuk mendapatkan iklan PPC, Anda dapat memilih tipe Consideration dan pilih lagi di bagian traffic atau lalu lintas kunjungan

Tentukan target audience Anda dari pilihan lokasi, umur, jenis kelamin serta penargetan terperinci yang meliputi minat, perilaku, demografi dsb

Tentukan penempatan akan iklan yang akan diinginkan untuk ditayangkan.

Pilih jadwal iklan berapa lama iklan akan di tayangkan

Pilih format iklan apakah iklan dalam bentuk gambar atau video

Isikan copywriting iklan Anda dari judul dan deskripsi

Isikan url alamat website Anda

3. Instagram Ads

Instagram Ads sebenarnya masih dalam satu bagian dari Facebook Ads. Hal ini karena sejak tahun 2012 Facebook telah mengakuisisi instagram sehingga pengiklan yang ingin beriklan di instagram kini dapat dengan mudah lewat satu jalur dengan menggunakan facebook Ads.

Jadi alhasil, langkah-langkah beriklan di instagram di tahun 2020 ini tidak banyak yang berbeda dengan langkah beriklan di facebook. Hanya saja, jika Anda ingin beriklan di instagram, maka pada bagian fitur opsi penempatan, Anda bisa checklist pilihan penayangan di platform instagram sehingga iklan Anda akan tayang di instagram. Lalu tidak lupa, pada bagian format iklan, tentu Anda perlu menyiapkan ukuran format iklan jika ingin di tampilkan di feed ataupun story instagram.


Contoh Iklan PPC

seperti ini gambaran bentuk iklan PPC ini ditayangkan, Berikut contoh iklan PPC Google, Facebook, dan Instagram :

1. Contoh Iklan PPC Google Ads


2. Contoh Iklan PPC Facebook Ads



3. Contoh Iklan PCC Instagram Ads




Kesimpulan

 Beriklan dengan tipe PPC atau pay per click dapat membantu Anda sebagai pebisnis yang ingin mempromosikan bisnis Anda secara online dan mendapatkan banyak kunjungan dengan cara yang instan.


Walaupun iklan tipe PPC ini berbayar, tapi dengan strategi beriklan yang tepat Anda bisa berpotensi memperoleh keuntungan yang lebih dibanding biaya yang Anda keluarkan.

Anda bisa mempelajari teknik beriklan PPC ini seperti artikel yang dibahas di sini serta tetap terus up to date mengenai perkembangan tentang beriklan.


Tempat Kursus Pelatihan Digital Marketing







0 komentar:

Posting Komentar